.:Maaf Iklan Dulu Sebentar "Kalau Menguntungkan, Kenapa Tidak?" [Close][Klik 2x]:.

Tentang Rai Utama | Free Ebooks | Free Ebooks | Bahan Kuliah Lengkap | Bahan Kuliah Manajemen | Jurnal dan Buku Tourism English Version



Gratis Bahan Kuliah: Maret 2009

Gratis Bahan Kuliah

Ilmu Kepariwisataan,Bahan Kuliah, Ekonomi Pariwisata, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Strategik, Pengantar Bisnis




HOME | Skripsi Tesis | PULSA GRATISS | Bahan Kuliah Lengkap | Bahan Kuliah Manajemen | Jurnal dan Buku Tourism English Version



6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Anda Melaunching Blog

Beberapa waktu lalu, Mas Dafid bertanya apakah blog Dafit Riau sudah siap launching. Saya jawab kalau sebetulnya yang paling tahu sebuah blog sudah siap launching atau belum adalah pemiliknya sendiri. Maksud saya, pemilik bloglah yang paling paham apakah blognya sudah sesuai harapan atau belum. Sedang orang lain biasanya berkomentar berdasar minat, pengetahuan, dan seleranya sendiri.

Tapi tak adakah hal yang perlu diperhatikan sebelum anda melaunching blog agar sukses spektakuler? Kalau ada kira-kira apa saja?

Mungkin sebelumnya ada yang bertanya “kenapa blog perlu di-launching? Toh tanpa launching pun, blog kita sudah beredar di blogosphere.”

Benar sekali. Tapi kalau kita menyimak perjalanan para blogger di negeri lain, launching blog bisa dijadikan pemicu start awal yang bagus bagi sebuah blog. Harapannya, dengan di-launching banyak orang yang tahu. Sehingga blog anda langsung banyak yang mengakses.

Di samping itu, launching berguna untuk menciptakan momentum awal blogging. Tentu momentum seperti apa yang anda inginkan berkait dengan tujuan anda blogging. Kalau misalnya anda blogging for business misalnya, harapannya paling tidak produk anda semakin dikenal. Syukur-syukur sekaligus bisa langsung laku keras. Nah itulah mengapa kita perlu launching.

Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan sebelum launching blog?

  1. Perencanaan. Perencanaan meliputi kesiapan teknis dan non-teknis blog anda. Non teknis misalnya tujuan anda blogging untuk apa, lingkup bahasan blog anda apa saja, target pembaca blog anda siapa dan lainnya. Sedang kesiapan teknis seperti tak adanya gangguan untuk blog anda, pemilihan nama blog yang tepat, dan lainnya.
  2. Content. Content adalah nyawa blog anda. Pengunjung datang karena ingin membaca isi blog anda. Kalau anda bisa membuat content blog yang menghisap dan membuat ketagihan, pengunjung akan berkali-kali datang ke blog anda. Tentukan juga jadwal posting yang jelas. Misalnya setiap 2-3 hari sekali. Atau kalau merasa terlalu berat, bisa dimulai dengan setiap minggu sekali.
  3. Desain. Desain blog yang menarik berperan juga untuk kesuksesan blog anda. Tampilan blog selayaknya juga menggambarkan konsep blog anda. Kalau memang ingin membuat blog yang dibuat gaul, serius, atau kesan apapun yang ingin anda sampaikan, sampaikan itu juga lewat desain blog anda.
  4. Link. Posting-posting awal anda selayaknya memiliki link internal dan eksternal. Link internal maksudnya yang mengarah ke dalam blog anda sendiri, sedang link eksternal mengarah ke blog lain. Saat membuat link, perhatikan juga anchor teks-nya. Isi dengan target kata kunci anda. Contoh: Rumusan Rahasia Blogging.
  5. Promosi. Yang termudah misalnya dengan meletakkan alamat blog anda di setiap signature email. Jadi setelah nama anda, cantumkan alamat blog anda. Jadi setiap anda berkirim email, secara tak langsung ikut mempromosikan blog anda. Untuk tahap awal, anda bisa kirim email ke orang-orang yang anda kenal. Mintalah mereka untuk berkunjung ke blog anda, serta jangan lupa mintalah tanggapan mereka.
  6. Iklan. Jika memang ada anggaran beriklan, boleh saja anda beriklan. Namun jika tak ada, hal ini bisa anda abaikan. Cukup berkonsentrasi sajalah pada jalur promosi gratis.

Yang penting dipahami mengelola blog itu membutuhkan kesabaran. Terutama saat awal-awal blogging. Satu sampai tiga bulan pertama dibutuhkan kesabaran ekstra. Aliran traffic biasanya masih seret. Karena itu jangan berharap berlebihan blog anda bisa mengalirkan penghasilan besar di saat-saat awal.

Yang penting saat awal adalah meneguhkan pondasi blogging anda. Yaitu bagaimana anda menyajikan konten berkualitas sesuai jadwal yang ditetapkan dan memperkokoh positioning blog anda. Tentang positioning ini coba di baca di blog Mas Arief.

Ada satu langkah lagi yang bisa mengurangi mampetnya aliran traffic yaitu dengan bergabung dengan perkumpulan blog. Dengan begitu, minimal blog anda memiliki rekan-rekan blogger yang siap mengunjungi anda. Dengan begitu perlahan traffic dan brand blog anda akan terangkat.

Salam ACTION!

3 Jurus Ampuh Menjadi Super Reseller FormulaBisnis

Bagaimana Memilih dan Mengukuhkan Positioning Blog Anda

Kian hari blogosphere bertambah sesak. Tiap hari selalu lahir blog baru. Di tengah makin berlimpahnya blog, positioning blog makin menjadi penting. Kalau anda masih ingat tentang top of mind, dari positioning lah salah satu strategi awal untuk mencapai top of mind.

Nah itulah yang akan kita bahas kali ini. Bagaimana sebetulnya memilih dan mengukuhkan positioning blog anda?

Be unique! Itu kata kunci pertama pemilihan positioning blog anda. Unik artinya ya unik. Tidak pasaran. Blog anda lain dari yang sudah ada. Blog anda mampu menawarkan sesuatu yang khas, yang tak ditemukan di blog lain.

Kalau anda memulai blogging beberapa tahun lalu, mungkin anda bisa leluasa memilih topik. Tapi saat semua tema sepertinya sudah terpakai, rasanya tak ada yang tersisa.

Mungkin jika demikian lalu anda pikir akan sulit memilih positioning. Sebab blog apa yang belum pernah ada. Atau pertanyaan sejenis yang lebih dalam “apa sebetulnya yang betul-betul baru di dunia ini?”

Jika berpijak dari pemikiran ini bisa jadi kita frustasi lalu tak segera ACTION! Sebab diakui atau tidak, faktanya memang tak ada yang betul-betul baru di dunia. Yang ada hanyalah pengembangan saja dengan dipadu kreativitas kita.

So, bagaimana membuat blog anda menjadi unik dan berbeda? Berikut beberapa sisi yang bisa membuat blog anda berbeda dan berkilau.

  • Topik. Anda bisa lebih fokuskan topik blog anda. Kalau anda rasa sudah terlalu banyak blog yang bertema otomotif, anda bisa fokus ke merek tertentu. Kalau sudah terlalu banyak yang membahas musik secara umum, anda bisa pilih dangdut mungkin, jazz atau lainnya.
    Intinya, pertajam fokus topik blog anda. Fokus pada suatu hal bisa membuat pengunjung langsung menambatkan hal itu pada diri anda. Misal ketika bicara guru yang berbisnis, mungkin patokannya pada blog bisnis guru. Setiap bicara manajemen, maka yang teringat blog strategi manajemen-nya Mas Yodhia Antariksa.
  • Sasaran Pengunjung. Bicara dengan anak kecil tentu tak sama dengan orang dewasa dan orang tua. Bicara dengan perempuan tentu lain dengan laki-laki. Anda paham maksudnya? Ya, anda tetapkan siapa yang mau anda jadikan target pengunjung blog anda dan bicaralah sesuai bahasa pengunjung anda.
    Mungkin anda mengatakan bukankah kita tak bisa mengontrol siapa saja yang mau membaca blog kita. Maksudnya mungkin awalnya anda mentarget pembaca wanita usia 30-50an tahun, tapi toh tak menutup kemungkinan para laki-laki ikut membacanya?
    Benar. Namun setidaknya dengan menetapkan siapa target pengunjung, akan lebih memantapkan positioning blog anda. Tentu tak bisa disalahkan juga kalau orang tua ikut makan es krim yang sebetulnya dipasarkan untuk konsumsi anak-anak kan?
  • Berdasarkan geografis. Melakukan positioning pun bisa dilakukan berdasarkan lokasi geografis. Anda bisa khusus menulis mengenai kota, desa, atau daerah anda. Ini kurang lebih seperti yang dilakukan PortalAceh.com.
  • Gaya. Bisa saja anda membahas hal yang sama, namun dengan cara penyajian berbeda bisa menghasilkan sensasi berbeda. Contoh blognya Mas Hengky. Sekalipun bertajuk blog yang membahas tentang Blog, bisnis & internet, namun gaya yang disajikan Mas Hengky lain dari yang lain.

Positioning blog penting untuk meninggalkan kesan di hati pengunjung. Begitu pengunjung merasa klop dengan positioning blog anda, mereka akan berkali-kali kembali ke blog anda.

Positioning berarti kita harus memilih. Kita ingin dipandang sebagai apa yang bagaimana oleh pengunjung. Apa yang bagaimana artinya blogger yang ahli di bidang X, Y, atau Z dan menyampaikannya dengan gaya serius, santai, atau bombastis, atau yang lainnya.

Bagaimana? Masih bingung? Coba lihat beberapa tawaran ide topik blog dari NavinoT dan Bloggingly.

Ada komentar?

3 Jurus Ampuh Menjadi Super Reseller FormulaBisnis

Bagaimana Menjadi Affiliate Marketer Sukses di ClickBank

ClickBank akhirnya hadir kembali di Indonesia. Tentu ini kesempatan baik bagi kita untuk menjadikannya sebagai salah satu sumber mendapatkan uang dari internet. Dulunya ClickBank sempat dibuka untuk negeri kita ini. Namun karena banyaknya kejahatan lewat internet dari Indonesia, membuat ClickBank memblack list negeri kita. Tentu kita tak ingin hal itu terulang lagi. Untuk itu, mari kita berbisnis dengan benar.

Nah, yang akan kita bahas kali ini bagaimana agar kita sukses sebagai affiliate marketer ClickBank. Bagaimana caranya?

Sebelumnya saya jelaskan dulu tentang ClickBank. ClickBank merupakan pasarnya produk digital. Di sana tempat orang berjual beli dan mempromosikan berbagai produk informasi, baik ebook, software, maupun course. Jumlah produk yang tersedia di Clickbank sekitar 15.000 item.

Salah satu keistimewaan ClickBank adalah kemudahan menggunakannya. Affiliates yang ingin mempromosikan sebuah produk cukup mendaftar saja secara gratis, memilih produknya di marketplace, dan selanjutnya tinggal mempaste “hoplink” di situs web atau blog anda.

Hoplink adalah sebutan khusus untuk link di Clickbank. Konon, ClickBank menamakannya “hoplink” karena pengakses internet yang mengklik link tersebut akan melompat (bahasa Inggris: hop) ke link tujuannya.

Untuk sistem pembayaran komisi ClickBank sama dengan Formula Bisnis dan Rahasia Blogging. Jadi, affiliate akan mendapatkan komisi setiap berhasil menghasilkan penjualan. Komisinya bervariasi antara 1% sampai 75% yang ditentukan oleh pemilik produk.

Nah, bagaimana agar kita bisa sukses sebagai pemain affiliate di Clickbank?

Setelah anda terdaftar di Clickbank, di marketplace anda bisa memilih produk yang ingin anda promosikan.

Perhatikan tulisan berwarna hijau.

Dalam memilih produk yang akan anda promosikan, saran saya:

  1. Lihat “grav” (Gravity). Gravity menggambarkan seberapa baik tingkat konversi sebuah produk bagi affiliate. Semakin besar angka gravity-nya, berarti semakin baik tingkat konversinya. Jadi pilih produk yang angka gravity-nya tinggi.
  2. Perhatikan “%refd” (%referred). Itu menunjukkan besarnya produk yang laku lewat jalur affiliate. Jadi semakin besar angkanya, semakin baik buat anda pilih untuk dipromosikan.
  3. Perhatikan sales letter. Selain kedua hal tadi Anda perlu lihat juga situs web produk tersebut dan perhatikan sales letter-nya. Jika sales letternya “menjual” tentu akan lebih berprospek menghasilkan penjualan.

Setelah anda tentukan pilihan produk, selanjutnya tinggal berpromosi. Caranya kurang lebih seperti yang selama ini anda lakukan untuk mempromosikan Formula Bisnis dan Rahasia Blogging. Seperti meletakkan link atau mereview. Cuma bedanya karena produk di ClickBank berbahasa non-Indonesia, sebaiknya arahkan sasaran anda untuk target pasar luar negeri.

Berminat jadi affiliate ClickBank? Daftar dulu! Bisa daftar lewat Mas Hengky yang sedang jalan-jalan ke Singapura. Atau Mas Sumintar yang tiap hari berladang di internet. Bisa juga di Mas Muklis yang tinggal di Tangerang.

Keep ACTION!

3 Jurus Ampuh Menjadi Super Reseller FormulaBisnis

5 Hal yang Melejitkan Orang-Orang (Biasa) Menjadi Sukses

Kenapa keberhasilan tampak begitu mudah menghampiri orang lain dan tidak pada diri anda? Kenapa orang lain tampak begitu gampang mendapat apapun yang diinginkannya, sedang anda sekalipun merasa sudah berusaha SANGAT keras, bahkan mungkin jungkir balik ke sana kemari namun yang didapat hanya secuil.

Apa benar itu karena takdir? Apa mungkin mereka lebih beruntung dari anda?

Tentang orang-orang yang berhasil, dari pengamatan saya, mereka memiliki beberapa kesamaan:

  1. Mencintai yang dilakukan. Orang-orang sukses biasanya berhasil di bidang yang dicintainya. Karena senang dengan yang dilakukannya, mereka akan menjalaninya dengan riang gembira. Tanpa ada paksaan. Itulah kenapa misalnya seorang seperti Ahmadun Yosi Herfanda dan Jonru bisa menjadi penyair dan penulis hebat. Karena mereka mencintai yang dilakukannya.
    Lakukan apa yang anda cintai. Makin anda lakukan, makin bersemangat dan nikmat menjalaninya.
  2. Berorientasi pada tujuan. Orang-orang sukses selalu berorientasi pada tujuan. Tahu mengapa harus melakukan sesuatu. Dan memfokuskan usahanya untuk mencapai tujuan itu.
    Ketahui dimana anda sekarang dan kemana akan melangkah, dan tahu bagaimana cara mencapainya. Selanjutnya just ACTION!
  3. Berkumpul di lingkungan orang sukses. Nasihat lama mengatakan kalau ingin harum berkumpullah dengan penjual minyak wangi. Berkumpul di lingkungan yang sesuai, bisa mendorong anda mencapai apa yang anda inginkan.
  4. Percaya diri. Orang-orang sukses memiliki kepercayaan diri. Tanpa ragu mereka akan mengatakan kepada orang di sekelilngnya mengenai tujuan-tujuannya. Mereka mengatakan apa saja yang akan mereka lakukan dan hasilkan.
    Jangan ragu, percayalah pada diri anda. Anda bisa!
  5. Bekerja keras dan cerdas. Sekalipun berbisnis internet yang tiap harinya hanya menghadap komputer, namun jangan dikira kita tak perlu kerja keras dan cerdas. Tanpa bermaksud apa-apa, sekalipun saya bisa saja tak bekerja apapun sepanjang waktu, namun tiap harinya saya tetap mengalokasikan waktu bekerja. Sekalipun ada beberapa karyawan yang membantu, saya tetap ACTION. Saya tak keberatan bangun tengah malam sekalipun untuk mengecek email, blog, dan situs web.
    Ya karena saya menyukainya. Saya mencintai apa yang saya lakukan. Saya cinta internet marketing.

Keberhasilan, kesuksesan atau apapun namanya adalah sebuah proses. Proses yang tak datang hanya dengan sekali ucap “simsalabim” maka berubahlah segalanya. Sukses adalah buah dari komitmen dan proses terus menerus untuk mencapai sebuah tujuan. Seperti besi yang ditempa dalam api, sampai akhirnya menjadi pisau atau benda lain yang lebih berguna.

Kesetiaan menjalani proses itulah kuncinya. Meski klise, namun sampai sekarang terus terbukti sangat telak terhadap hasil akhir yang ingin kita capai.

Dalam hidup segala sesuatunya memang tak selalu berjalan sempurna. Namun bukan berarti kita harus terdiam dan menyerah berpangku tangan pada nasib.

Bangkit dan mari ACTION!

3 Jurus Ampuh Menjadi Super Reseller FormulaBisnis

Beberapa waktu lalu, dalam posting 3 Tips Sukses Menjual (Apapun) lewat Blog sempat saya singgung mengenai soft selling di blog. Saya agak terlupa karena sebelumnya belum pernah membahas ini. Karena itu pada posting ini saya coba bahas mengenai hard selling dan soft selling di bisnis internet.

Mari kita mulai…

Hard sell dan soft sell merupakan istilah dunia marketing dan periklanan. Hard sell merujuk pada cara berpromosi yang menyampaikan pesan marketing secara langsung. Contohnya adalah iklan, baik di koran, majalah, televisi, internet, atau papan reklame yang ada di pinggir-pinggir jalan. Khusus di bisnis internet yang menawarkan produk informasi, hard sell biasa dilakukan lewat sales letter.

Kebalikannya, soft sell berarti cara promosi yang dilakukan secara halus atau tak menyampaikan promosi secara langsung. Tujuan soft selling, meminjam perkataan Mas Irwan, lebih menekankan tumbuhnya kepercayaan dan terjalinnya hubungan yang nyaman dengan konsumen. Syukur-syukur jika kemudian bisa dialirkan menjadi sebuah penjualan.

Dalam dunia nyata, penerapan soft selling bisa diamati misalnya dalam acara Kick Andy. Di sana, setiap akhir acara dibagikan buku kepada para penonton. Tanpa harus mengajak langsung agar membeli buku tersebut, penonton sangat mungkin tergerak ingin tahu apa isi buku tersebut. Kalau di internet, soft selling sangat tepat diterapkan di blog.

Ada yang mengatakan kalau saat ini teknik soft selling lebih ampuh dibanding hard selling. Alasannya karena soft selling lebih bersifat persuasif sehingga lebih mudah untuk menyentuh hati konsumen. Kalau menurut saya, keduanya efektif memerankan perannya masing-masing.

Bisa dibayangkan kan kalau tak ada iklan yang berisi pesan yang jelas. Target market bisa kebingungan menangkap apa maksud promosinya. Sebaliknya kalau melulu menggunakan hard selling, bisa jadi target market langsung kabur.

Kalau diamati hard selling dan soft selling juga berbeda efeknya. Kalau hard sell, efeknya lebih bersifat cepat atau secara vulgar istilahnya “take it or leave it!” Sedangkan soft selling biasanya berlangsung lebih lama dan harus dijalankan secara terus menerus. Begitu konsumen memiliki hubungan erat dengan anda, maka dia akan menjadi konsumen potensial anda.

Karena itu, menurut saya yang terbaik adalah mengkombinasikan teknik hard sell dan soft sell. Sebab, dilihat dari sisi konsumen pun, sebagian konsumen lebih tertarik dengan pendekatan soft selling. Sebagian lagi lewat hard selling. Atau bisa karena kedua pendekatan ini. Contohnya, ini terjadi pada Pak Soelaiman Wiria-Atmadja yang saya haturkan rasa hormat mendalam karena semangat belajarnya yang luar biasa. (Kutipan kalimat di blog beliau “Never Too Late to Get Yourself Improved!” mengajak kita untuk selalu ACTION.)

Jadi, memadukan teknik hard sell dan soft sell menurut saya adalah yang terbaik. Hard sell di sales letter, dan soft sell di blog. Dari kedua teknik marketing ini, kuncinya lagi adalah kenali target market anda dan ketahui jalur komunikasi apa yang paling tepat untuk setiap konsumen.

Bagaimana menurut anda?

3 Jurus Ampuh Menjadi Super Reseller FormulaBisnis

Buku Latihan Akuntansi

Statistical Analysis

KULIAH EKONOMI PARIWISATA

I. MENGENAL PARIWISATA

II. ASPEK-ASPEK EKONOMI PARIWISATA

III. KAJIAN MAKRO EKONOMI PARIWISATA

IV. PARIWISATA DAN NERACA PEMBAYARAN

V. UKURAN EFESIENSI PENGELUARAN WISATAWAN

VI. KEBIJAKAN

VII. KAJIAN MIKRO EKONOMI PARIWISATA

VIII. TOURISM DEVELOPMENT STAGES

IX. IDEALISME PARIWISATA BALI

……………………………………………….. Download Materi Lengkap…….

Sistem Informasi Manajemen

Metodologi Penelitian

Filsafat Penelitian

Unsur Unsur Penelitian

Tahapan Penelitian

Tinjauan Pustaka

Hipotesis Penelitian

Variabel dan Definisi Operasional Penelitian

Populasi dan Sampel Skala Pengukuran

PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN Presenting Data

Multiple Regression Models

ANALISIS FAKTOR

Tips Menulis Skripsi menurut APA format

OUTLINE PENULISAN SKRIPSI


Manajemen Strategik

Kumpulan Animasi



Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free

Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free

Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free

Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free




Banner 125x125 - 1

Links



XML

Powered by Blogger

make money online blogger templates



© 2013



Gratis Bahan Kuliah | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health

Free Ebooks | Free Ebooks | Free Ebooks | Bahan Kuliah Lengkap | Bahan Kuliah Manajemen | Jurnal dan Buku Tourism English Version