.:Maaf Iklan Dulu Sebentar "Kalau Menguntungkan, Kenapa Tidak?" [Close][Klik 2x]:.

Tentang Rai Utama | Free Ebooks | Free Ebooks | Bahan Kuliah Lengkap | Bahan Kuliah Manajemen | Jurnal dan Buku Tourism English Version



Gratis Bahan Kuliah: Mei 2009

Gratis Bahan Kuliah

Ilmu Kepariwisataan,Bahan Kuliah, Ekonomi Pariwisata, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Strategik, Pengantar Bisnis




HOME | Skripsi Tesis | PULSA GRATISS | Bahan Kuliah Lengkap | Bahan Kuliah Manajemen | Jurnal dan Buku Tourism English Version



APAKAH PENELITIAN ITU

penelitian atau riset

APAKAH PENELITIAN ITU?

Kata penelitian atau riset dipergunakan dalam pembicaraan sehari-hari untuk melingkup spektrum arti yang luas, yang dapat membuat bingung mahasiswa—terutama mahasiswa pascasarjana—yang harus mempelajari arti kata tersebut dengan tanda-tanda atau petunjuk yang jelas untuk membedakan yang satu dengan yang lain. Dapat saja, sesuatu yang dulunya dikenali sebagai penelitian ternyata bukan, dan beberapa konsep yang salah tentunya harus dibuang dan diganti konsep yang benar.

Pada dasarnya, manusia selalu ingin tahu dan ini mendorong manusia untuk bertanya dan mencari jawaban atas pertanyaan itu. Salah satu cara untuk mencari jawaban adalah dengan mengadakan penelitian. Cara lain yang lebih mudah, tentunya, adalah dengan bertanya pada seseorang atau “bertanya” pada buku—tapi kita tidak selalu dapat mendapat jawaban, atau kita mungkin mendapatkan jawaban tapi tidak meyakinkan.

Pengertian penelitian sering dicampuradukkan dengan: pengumpulan data atau informasi, studi pustaka, kajian dokumentasi, penulisan makalah, perubahan kecil pada suatu produk, dan sebagainya. Kata penelitian atau riset sering dikonotasikan dengan bekerja secara eksklusif menyendiri di laboratorium, di perpustakaan, dan lepas dari kehidupan sehari-hari.

Menjadi tujuan bab ini untuk menjelaskan pengertian penelitian dan membedakannya dengan hal-hal yang bukan penelitian. Pengertian penelitian yang disarankan oleh Leedy (1997: 3) sebagai berikut: Penelitian (riset) adalah proses yang sistematis meliputi pengumpulan dan analisis informasi (data) dalam rangka meningkatkan pengertian kita tentang fenomena yang kita minati atau menjadi perhatian kita.

Mirip dengan pengertian di atas, Dane (1990: 4) menyarankan definisi sebagai berikut: Penelitian merupakan proses kritis untuk mengajukan pertanyaan dan berupaya untuk menjawab pertanyaan tentang fakta dunia. Seperti disebutkan di atas, mungkin di masa lalu, kita mendapatkan banyak konsep (pengertian) tentang penelitian, yang sebagian daripadanya merupakan konsep yang salah. Untuk memperjelas hal tersebut, di bawah ini dikaji pengertian yang “salah” tentang penelitian (menurut kita—kaum akademisi).

Pengertian yang salah tentang Penelitian

Secara umum, berdasar konsep-konsep yang “salah” tentang penelitian, maka perlu digarisbawahi empat pengertian sebagai berikut:

(1) Penelitian bukan hanya mengumpulkan informasi (data)

(2) Penelitian bukan hanya memindahkan fakta dari suatu tempat ke tempat lain

(3) Penelitian bukan hanya membongkar-bongkar mencari informasi

(4) Penelitian bukan suatu kata besar untuk menarik perhatian.

Lebih lanjut kesalahan pengertian tersebut dijelaskan di bawah ini.

1. Penelitian bukan hanya mengumpulkan informasi (data)

Pernah suatu ketika, seorang mahasiswa mengajukan usul (proposal) penelitian untuk “meneliti” sudut kemiringan sebuah menara pemancar TV di kotanya. Ia mengusulkan untuk menggunakan peralatan canggih dari bidang keteknikan untuk mengukur kemiringan menara tersebut. Meskipun peralatannya canggih, tetapi yang ia lakukan sebenarnya hanyalah suatu survei (pengumpulan data/informasi) saja, yaitu mengukur kemiringan menara tersebut, dan survei itu bukan penelitian (tapi bagian dari suatu penelitian). Para siswa suatu SD kelas 4 diajak gurunya untuk melakukan “penelitian” di perpustakaan. Salah seorang siswa mempelajari tentang Columbus dari beberapa buku. Sewaktu pulang ke rumah, ia melapor kepada ibunya bahwa ia baru saja melakukan penelitian tentang Columbus. Sebenarnya, yang ia lakukan hanya sekedar mengumpulkan informasi, bukan penelitian. Mungkin gurunya bermaksud untuk mengajarkan keahlian mencari informasi dari pustaka (reference skills).

2. Penelitian bukan hanya memindahkan fakta dari suatu tempat ke tempat lain

Seorang mahasiswa telah menyelesaikan sebuah makalah tugas “penelitian” tentang teknik -teknik pembangunan bangunan tinggi di Jakarta. Ia telah berhasil mengumpulkan banyak artikel dari suatu majalah konstruksi bangunan dan secara sistematis melaporkannya dalam makalahnya, dengan disertai teknik acuan yang benar. Ia mengira telah melakukan suatu penelitian dan menyusun makalah penelitian. Sebenarnya, yang ia lakukan hanyalah: mengumpulkan informasi/data, merakit kutipan-kutipan pustaka dengan teknik pengacuan yang benar. Untuk disebut sebagai penelitian, yang dikerjakannya kurang satu hal, yaitu: interpretasi data. Hal ini dapat dilakukan dengan cara antara lain menambahkan misalnya: “Fakta yang terkumpul menunjukkan indikasi bahwa faktor x dan y sangat mempengaruhi cara pembangunan bangunan tinggi di Jakarta”. Dengan demikian, ia bukan hanya memindahkan informasi/data/fakta dari artikel majalah ke makalahnya, tapi juga menganalis informasi/data/fakta sehingga ia mampu untuk menyusun interpretasi terhadap informasi/data/fakta yang terkumpul tersebut.

3. Penelitian bukan hanya membongkar-bongkar mencari informasi

Seorang Menteri menyuruh stafnya untuk memilihkan empat buah kotamadya (di wilayah Indonesia bagian timur) yang memenuhi beberapa kriteria untuk diberi bantuan pembangunan prasarana dasar perkotaan. Stafnya tersebut berpikir bahwa ia harus melakukan “penelitian”. Ia kemudian pergi ke Kantor Statistik, membongkar arsip/dokumen statistik kotamadya -kotamadya yang ada di wilayah IBT tersebut. Dengan membandingkan data statistik yang terkumpul dengan kriteria yang diberi oleh Menteri, ia berhasil memilih empat kotamadya yang paling memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Staf tersebut melaporkan hasil “penelitiannya” ke Menteri. Sebenarnya yang dilakukan oleh staf tersebut hanyalah mencari data (data searching, rummaging) dan mencocokknnya (matching) dengan kriteria , dan itu bukan penelitian.

4. Penelitian bukan suatu kata besar untuk menarik perhatian

Kata “…penelitian” sering dipakai oleh surat kabar, majalah populer, dan iklan untuk menarik perhatian (“mendramatisir”). Misalnya, berita di surat kabar: “Presiden akan melakukan penelitian terhadap Pangdam yang ingin ‘mreteli’ kekuasaan Presiden”. Contoh lain: berita “Semua anggota DPRD tidak perlu lagi menjalani penelitian khusus (litsus)”. Contoh lain lagi: “Produk ini merupakan hasil penelitian bertahun-tahun” (padahal hanya dirubah sedikit formulanya dan namanya diganti agar konsumen tidak bosan).

Pengertian yang benar tentang Penelitian dan Karakteristik Proses Penelitian

Pengertian yang benar tentang penelitian sebagai berikut, menurut Leedy (1997: 5): Penelitian adalah suatu proses untuk mencapai (secara sistematis dan didukung oleh data) jawaban terhadap suatu pertanyaan, penyelesaian terhadap permasalahan, atau pemahaman yang dalam terhadap suatu fenomena.

Proses tersebut, yang sering disebut sebagai metodologi penelitian, mempunyai delapan macam karakteristik:

1) Penelitian dimulai dengan suatu pertanyaan atau permasalahan.

2) Penelitian memerlukan pernyataan yang jelas tentang tujuan.

3) Penelitian mengikuti rancangan prosedur yang spesifik.

4) Penelitian biasanya membagi permasalahan utama menjadi sub-sub masalah yang lebih dapat dikelola.

5) Penelitian diarahkan oleh permasalahan, pertanyaan, atau hipotesis penelitian yang spesifik.

6) Penelitian menerima asumsi kritis tertentu.

7) Penelitian memerlukan pengumpulan dan interpretasi data dalam upaya untuk mengatasi permasalahan yang mengawali penelitian.

8) Penelitian adalah, secara alamiahnya, berputar secara siklus; atau lebih tepatnya,

seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Macam Tujuan Penelitian

Seperti dijelaskan di atas, penelitian berkaitan dengan pertanyaan atau keinginan tahu manusia (yang tidak ada hentinya) dan upaya (terus menerus) untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dengan demikian, tujuan terujung suatu penelitian adalah untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan dan menemukan jawaban-jawaban terhadap pertanyaan penelitian tersebut. Tujuan dapat beranak cabang yang me ndorong penelitian lebih lanjut. Tidak satu orangpun mampu mengajukan semua pertanyaan, dan demikian pula tak seorangpun sanggup menemukan semua jawaban bahkan hanya untuk satu pertanyaan saja. Maka, kita perlu membatasi upaya kita dengan cara membatasi tujuan penelitian. Terdapat bermacam tujuan penelitian, dipandang dari usaha untuk membatasi ini, yaitu:

1) eksplorasi (exploration)

2) deskripsi (description)

3) prediksi (prediction)

4) eksplanasi (explanation) dan

5) aksi (action).

Penjelasan untuk tiap macam tujuan diberikan di bawah ini. Tapi perlu kita ingat bahwa penentuan tujuan, salah satunya, dipengaruhi oleh kemajuan ilmu pengethaun yang terkait dengan permasalahan yang kita hadapi (“state of the art”). Misal, bila masih “samarsamar”, maka kita perlu bertujuan untuk menjelajahi (eksplorasi) dulu. Bila sudah pernah dijelajahi dengan cukup, maka kita coba terangkan (deskripsikan) lebih lanjut.

1. Eksplorasi

Seperti disebutkan di atas, bila kita ingin menjelajahi (mengeksplorasi) suatu topik (permasalahan), atau untuk mulai memahami suatu topik, maka kita lakukan penelitian eksplorasi. Penelitian esplorasi (menjelajah) berkaitan dengan upaya untuk menentukan apakah suatu fenomena ada atau tidak. Penelitian yang mempunyai tujuan seperti ini dip akai untuk menjawab bentuk pertanyaan “Apakah X ada/terjadi?”. Contoh penelitian sederhana (dalam ilmu sosial): Apakah laki-laki atau wanita mempunyai kcenderungan duduk di bagian depan kelas atau tidak? Bila salah satu pihak atau keduanya mempunyai kecend erungan itu, maka kita mendapati suatu fenomena (yang mendorong penelitian lebih lanjut). Penelitian eksplorasi dapat juga sangat kompleks. Umumnya, peneliti memilih tujuan eksplorasi karena tuga macam maksud, yaitu: (a) memuaskan keingintahuan awal dan nantinya ingin lebih memahami, (b) menguji kelayakan dalam melakukan penelitian/studi yang lebih mendalam nantinya, dan (c) mengembangkan metode yang akan dipakai dalam penelitian yang lebih mendalam. Hasil penelitian eksplorasi, karena merupakan penelitian penjelajahan, maka sering dianggap tidak memuaskan. Kekurang-puasan terhadap hasil penelitian ini umumnya terkait dengan masalah sampling (representativeness)—menurut Babbie 1989: 80. Tapi perlu kita sadari bahwa penjelajahan memang berarti “pembukaan jalan”, sehingga setelah “pintu terbuka lebar-lebar” maka diperlukan penelitian yang lebih mendalam dan terfokus pada sebagian dari “ruang di balik pintu yang telah terbuka” tadi.

2. Deskripsi

Penelitian deskriptif berkaitan dengan pengkajian fenomena secara lebih rinci atau membedakannya dengan fenomena yang lain. Sebagai contoh, meneruskan contoh pada bahasan penelitian eksplorasi di atas, yaitu misal: ternyata wanita lebih cenderung duduk di bagian depan kelas daripada laki-laki, maka penelitian lebih lanjut untuk lebih memerinci: misalnya, apa batas atau pengertian yang lebih tegas tentang “bagian depan kelas”? Apakah duduk di muka tersebut berkaitan dengan macam mata pelajaran? tingkat kemenarikan guru yang mengajar? ukuran kelas? Penelitian deskriptif menangkap ciri khas suatu obyek, seseorang, atau suatu kejadian pada waktu data dikumpulkan, dan ciri khas tersebut mungkin berubah dengan perkembangan waktu. Tapi hal ini bukan berarti hasil penelitian waktu lalu tidak berguna, dari hasil-hasil tersebut kita dapat melihat perkembangan perubahan suatu fenomena dari masa ke masa.

3. Prediksi

Penelitian prediksi berupaya mengidentifikasi hubungan (keterkaitan) yang memungkinkan kita berspekulasi (menghitung) tentang sesuatu hal (X) dengan mengetahui (berdasar) hal yang lain (Y). Prediksi sering kita pakai sehari-hari, misalnya dalam menerima mahasiswa baru, kita gunakan skor minimal tertentu—yang artinya dengan skor tersebut, mahasiswa mempunyai kemungkinan besar untuk berhasil dalam studinya (prediksi hubungan antara skor ujian masuk dengan tingkat keberhasilan studi nantinya).

4. Eksplanasi

Penelitian eksplanasi mengkaji hubungan sebab-akibat diantara dua fenomena atau lebih. Penelitian seperti ini dipakai untuk menentukan apakah suatu eksplanasi (keterkaitan sebab-akibat) valid atau tidak, atau menentukan mana yang lebih valid diantara dua (atau lebih) eksplanasi yang saling bersaing. Penelitian eksplanasi (menerangkan) juga dapat bertujuan menjelaskan, misalnya, “mengapa” suatu kota tipe tertentu mempunyai tingkat kejahatan lebih tinggi dari kota-kota tipe lainnya. Catatan: dalam penelitian deskriptif hanya dijelaskan bahwa tingkat kejahatan di kota tipe tersebut berbeda dengan di kota-kota tipe lainnya, tapi tidak dijelaskan “mengapa” (hubungan sebab-akibat) hal tersebut terjadi.

5. Aksi

Penelitian aksi (tindakan) dapat meneruskan salah satu tujuan di atas dengan penetapan persyaratan untuk menemukan solusi dengan bertindak sesuatu. Penelitian ini umumnya dilakukan dengan eksperimen tidakan dan mengamati hasilnya; berdasar hasil tersebut disusun persyaratan solusi. Misal, diketahui fenomena bahwa meskipun suhu udara luar sudah lebih dingin dari suhu ruang, orang tetap memakai AC (tidak mematikannya). Dalam eksperimen penelitian tindakan dibuat berbagai alat bantu mengingatkan orang bahwa udara luar sudah lebih dingin dari udara dalam. Ternyata dari beberapa alat bantu, ada satu yang paling dapat diterima. Dari temuan itu disusun persyaratan solusi terhadap fenomena di atas.

Hubungan Penelitian dengan Perancangan

Hasil penelitian, antara lain berupa teori, disumbangkan ke khazanah ilmu pengetahuan, sedangkan ilmu yang ada di khazanah tersebut dimanfaatkan oleh para perancang/perencana/pengembang untuk melakukan kegiatan dalam bidang keahliannya.

Menurut Zeisel (1981), perancangan mempunyai tiga langkah utama, yaitu: imaging, presenting dan testing, sedangkan imaging dilakukan berdasar empirical knowledge. Perancangan/perencanaan/pengembangan, selain menggunakan pengetahuan dari khazanah ilmu pengetahuan, juga mempertimbangkan hal-hal lain, seperti estetika, perhitungan ekonomis, dan kadang pertimbangan politis, dan lain-lain. Terhadap hasil perencanaan/perancangan/pengembangan juga dapat dilakukan penelitian evaluasi yang hasilnya juga akan memperkaya khazanah ilmu pengetahuan.

Label:

EBOOK SEKS EDUCATIONS TERLENGKAP DAN TERLARIS.

Masih Kurang ??, Oke…Saya tambahkan ribuan e-book dibawah ini jika anda melakukan pemesanan sekarang…

EBOOK SEKS EDUCATIONS TERLENGKAP DAN TERLARIS..(NOT-PHORNOGRAPHY)

Buku "moammar-emka-jakarta-undercover" seri 1 s/d 3
: jakarta-undercover1-sex-the-city
: jakarta-undercover2-karnaval-malam
: jakarta-undercover3-forbidden-city

Ebook "Misteri Orgasme Pada Wanita"
Ebook Rahasia Kuat bercinta
Ebook Rahasia menaklukkan wanita diatas ranjang
Ebook Rahasia Teknik bercinta Ala Taoisme
Ebook Mencari Zona KEnikmatan Pria DAn Wanita ( G-Spot )
Ebook daftar nama bayi cantik pria & Wanita ( Arab Version )
Ebook daftar nama bayi cantik pria & Wanita ( Versi Jawa )
Ebook Rahasia WAnita
Ebook Tips dasyat bercinta
Ebook More Women’s Sexual Fantasies
Ebook How to Make Anyone Fall in Love with You
Ebook Double Your Dating
Ebook How to Make Love All Night
Ebook KAMASUTRA, The Art of making Love
101 Romantic Ideas
Dating Tip: How To Flirt And Why
How to Get The Women You Desire into Bed
When a Man Makes Love to a Woman
Secrets of Speed Seduction
Secrets Of Attracting Beautiful Women
Reading Women Body Language
Konsep dan Tehnik Rahasia membuka hubungan dengan cewek manapun DIMANA SAJA dan KAPAN SAJA
Ebook 13 Kesalahan yg Sering dilakukan Cowok ketika berhubungan dgn Cewek
Ebook Ramuan agar Pria Jantan dan perkasa
Ebook Etika di Saat Bercinta
Ebook Teknik usapan nikmat pada Klitoris
Ebook Resep untuk penderita impotensi
Ebook Trik mengatasi Ejakulasi dini
Ebook Rahasia mencapai orgasme total
Ebook Mengungkap misteri G-spot
Ebook Trik Membuat Wanita Mabuk Kepayang
Ebook Tanda Anda Butuh Terapis Seks
Ebook "Tahan Lama" - Analisis Survey Seks
Ebook 10 Situasi Wanita ‘Mood’ Bercinta
Ebook 20 Variasi Ciuman
Ebook Kesehatan - 7 Tips Tingkatkan Sperma
Ebook 13 Titik Utama Erotis Yang membangkitkan Gairah
Ebook 10 Mitos Saat Berhubungan Intim
Ebook 15 Istilah Seks yang Patut Diketahui
Ebook Rahasia Teknik Bercinta Versi Taoisme
Ebook Mencari Zona Kenikmatan Pada Wanita dan Pria ( G-Spot )
Ebook Agar bercinta anda Jadi Luar Biasa
Ebook Kunci Sukses Malam Pertama
Ebook Menambah Kekuatan Seks Lewat Teknik Ciuman
Ebook Katurangganing Wanita
Ebook 15 Kiat Membangkitkan Gairah Suami
Ebook Tips Memuaskan Wanita di Atas Ranjang
Ebook Mengapa Selingkuh ?
Ebook Cara Mudah Wanita Mencapai Orgasme
Ebook Kenikmatan seks cegah kangker payudara
Ebook Kiat menjaga aroma vagina
Ebook Senam Seks, Bisakah Mengatasi Masalah Seksual?
Ebook Kamasutra - seks masa depan
Ebook "Yang perlu anda tahu tentang Klitoris"
Ebook Teknik memperbesar penis
Ebook Rahasia payudara idaman
Ebook Kunci Sukses Malam Pertama
Ebook Kumpulan Konsultasi Seks Dr Boyke
Ebook Pijat Clitoris, Alternatif Seks Sensasional buat Wanita
Hubungan Feng Shui dan Masalah Seks Anda
Ebook "Mengapa Takut mendekati Cewek"
Ebook Jurus Bercinta Tiongkok Kuno
Ebook Hubungan Fengshui DAn Seksual

EBOOK KOMPUTER, HACKING, IT, TEKNOLOGI…

Ebook " Memanen Password Friendster "
Ebook “Membajak Kartu Kredit (eCarding)”
Ebook “Membajak isi Ponsel Orang Lain”
E-book “Menyulap Ponsel Jadi Remote Control Komputer”
E-book Tip & Trik Menggabungkan No. CDMA ke Hp GSM
Rahasia akses internet Kurang dari Rp300/jam.
Solusi telepon dan sms, murah atau gratis
Tip dan trik telepon Gratis
Akses Internet GRATIS dengan Antena Kaleng
Ebook "Google Adwords 123" by Greg Heslin
Ebook "Tips & Trik Memperoleh rangking pada search engine"
Tips & Trik Legal Menghemat Biaya Internet
Buku Putih Teknologi Informasi dan Komunikasi
Ebook Cara mengantisipasi kejahatan di Atm
Rahasia Mendapatkan Apapun Software Yang Anda Inginkan Secara Gratis
Panduan Lengkap Membuat Situs Web Gratis
10 Cara Cepat & Mudah Meningkatkan Laba dari SEGALA Website Dlm Semalam
Daftar Lengkap Situs Iklan Baris Gratis di Indonesia
Tips Membuat Halaman Situs Web Yang Menarik
How to Make Your Website Sell!
How to Write Sales Letters That Sell Again and Again
Daftar Lengkap Alat Promosi Online Gratis
10 Quick & Easy Ways To Increase The Profits Of ANY Website Overnight.
How To Post At Forums For Profit!
AdSense Keywords List
Rahasia Menggelola Yahoo Mail & Yahoogroups
Tutorial FLASH Mx Bagi Pemula
30 Days To Internet Success (Sample)
Ebook "BIKIN BLOG DALAM 3 MENIT!!" Tutorial cara membuat blog di blogger.com, dilengkapi ilustrasi. Ringkas, padat, cepat
Ebook "Tutorial Lengkap Bikin Blog di Wordpress.com"
Ebook Tips Menghadapi Hoax dan Spam
Belajar Web Tanpa Harus mengerti Bahasa Pemrograman
EBOOK "Tips Menggunakan Mesin Pencari Google"
Cepat Mahir Adobe Photoshop 8.0
Cepat Mahir ASP - salah satu pemograman web tuk menciptakan web yang dinamis
Tips Menghentikan Banjir Email di Milis Yahoogroups
Ebook "Pengetahuan Dasar Untuk Menjadi Web Designer"
Ebook "Mendulang Dollar dengan Google Adsense"
Ebook "Mengenal Google secara Mendalam"
Ebook "Panduan Lengkap Membuat Weblog atau Blog"
Ikatlah Ilmu dengan Blog
Ebook "Membuat Website dengan PHP"
Ebook "Panduan Otomasi Instalasi Windows"
Telepon Gratis Internasional
Teknik Pembuatan Virus Komputer
Teknik Pembuatan Virus Komputer versi mudah
Cara mendapatkan Laptop tanpa modal alias 100%gratis
Teknik & Cara menghack e-gold
Rahasia pembuatan SMS Gaul
Trik mencari informasi rahasia yang tidak wajar dengan GOOGLE
Tips dan Trik menghilangkan banner
Ebook Panduan Promosi Dengan URL REDIRECT
Tips & Trik Memperoleh rangking pada search engine
Tehnik Meraup Jutaan Rupiah dengan Email Marketing

OOK BISNIS - AFILLIASI - MOTIVASI EKONOMI - FINANSIAL

E-book "KUNCI KEKAYAAN ONLINE"
Panduan Mencari Uang dari GOOGLE ADSENSE
Tips Menggunakan Mesin Pencari Google
The 30 Minute Marketing Miracle
Instant Webmaster Video Set
How to Win the War of Internet Marketing
The Aura Of Success
Belajar bisnis dan strategi cina
Ilmu menjadi Kaya
Prinsip Penting untuk Sukses
Buku ‘3 Pertanyaan Ekonomi terpenting’
Ebook Daftar Alamat Asosiasi Bisnis di Indonesia
Ebook Daftar Alamat LSM di Indonesia
Ebook Pemasaran Affiliate
Tips Praktis Merawat Kemampuan Kreativitas Otak - link alternatif
Strategi Mensiasati HUTANG - link alternatif -
Tips Aman & Sukses Investasi online HYIP - link alternatif -
Tidak ada orang yang tak Berbakat
52 Rahasia Internet Marketing
Ebook "Tips Sukses Berbisnis dan Bekerja di Internet"
Ebook "Menciptakan INCOME disaat TIDUR"
Profil dan Kisah Sukses Para Milyuner Dunia
Sumber-sumber Lowongan Pekerjaan
Tips dan Trik Membuat Curiculum Vitae
E-book "KUNCI KEKAYAAN ONLINE" Mengungkap Rahasia Sukses & Kaya Raya dari Bisnis Online

EBOOK LANGKA + SPEKTAKULER LAINNYA :

Ebook KUNO & LANGKA "Kitab Henokh"
Novel "habibburahman el shirazy - ayat-ayat cinta"
Novel "habiburrahman el shirazy - mahkota cinta"
Ebook Rahasia dan cara belajar feng shui
Ebook Bagaimana mengontrol pikiran Anda
Ebook Rahasia Sejarah Amerika Serikat
Ebook Seni Berperang
Ebook Sejarah Drakula
Ebook Filsafat dan cara berpikir
Ebook Pesan Emas Gibran
Ebook Fenomena
Ebook Mantera Sukses
Ebook Tips Menghindari STRESS
Tips dan Info Seputar Otomotif
Kumpulan Tips Rumah dan Interior
Novel "habiburrahman el shirazy - dalam mihrab cinta"
Ebook "habiburrahman el shirazy - pudarnya pesona cleopatra"
Mind Mapping : cara mudah memakai otak
Ebook Motivasi - Berani Gagal

EBOOK KESEHATAN :

Bodybuilding Supplement Secrets
Fitness Training Manual
The Science of Building Muscle and Strength
Guide to Herbal Medicines

EBOOK FIKSI :

Angels Demons
Harry Potter and the Magic Within!
A Time to Kill
Star Wars: Dark Forces
Six Stories
The Dead Zone
The Summons
‘Salem’s Lot
The Girl Who Loved Tom Gordon
Bag of Bones
The Eyes of the Dragon
Hearts in Atlantis
The Shining
Interview With The Vampire
Digital Fortress
Riding the bullet
Harry Potter and the Goblet of Fire
Firestarter
The Green Mile
The Rainmaker
The Running Man
The Partner
Ulysses

EBOOK Macam - Macam :

Magic Tricks For The Beginning Magician
Guitar Basics
Chess Guide
Hacking for Dummies(1)
Hacking for Dummies(2)
Bruce Lee - Concepts & Principles
The Harry Potter Encyclopedia
Auto Repair Tips
Web page design in 7 days !
120 Things About Photoshop
Guide to Starting and Operating A Business
The Professional Pizza Guide
300 Excel Tips
7 Secrets to Earning $100,000 From Home
FrontPage 2000 Tips And Tricks
How to Draw Female Body`s
The Science of Footwork
52 Tips for Losing Weight
Dictionary of Business Terms
How To Get The Truth Out of Anyone!
The Greatest Thing Ever Known
The Trader’s Trick Entry
31 Days to Bigger Arms
Body-Building Nutrition
Bruce Lee-The Power of the Dragon
Hypnosis: Software for the Mind
How to Think in Chess
Chess Improvement I
Chess Improvement II
Secret of a Secret Society
A Simple Guide to Firewalls
General Guitar Advice: Learning to Play
How to Buy a Guitar
How to Crack CD
How to Make Key Generators
Italian Recipe
Marketing Management
How to Repair/Unlock NOKIA Mobile Phones
Barbecue Recipe
Breathing Exercises
Prize Winning Recipe
7 Secrets of Hypnotism Practice
Another Complete Erotic Massage
The Battle For Your Mind

Notes on Meditation and Health
Sigmund Freud
How to Develop Your Own Psychic Abilities
Character Building Thought
Stephen Hawking - Public Lectures
Network Security Secrets & solutions
Modal Analysis of Guitar Bodies
Nigella Bites - Recipes
Combined Taijiquan Competition Routine
How to Draw General Anime Faces

EBOOK GITAR :

Kamus Lengkap Chord
Classical Guitar Tablature
Jazz Guitar Lesson
Jazz Scale Theory
A Reference for Jazz Theory
Easy Flamenco
Classical Guitar Primer
Jazz Guitar Artistry
How to Read Guitar Tablature
Modal Analysis Guitar Bodies
J.Petrucci- Guitar Lessons 1
J.Petrucci- Guitar Lessons 2
J.Petrucci- Guitar Lessons 3
Guitar Lessons

EBOOK SENI BELADIRI :

How To Use Tai Chi As A Fighting
Pressure Points
MuayThai-The Art of Fighting
Aikido, The Art Of Fighting
Practical Exercises for Martial Artists
Hagakure: Book of the Samurai
Pressure Points Military Hand to Hand
ZEN AND THE MARTIAL ARTS

EBOOK SENI ISLAM :

Bunga Rampai
Oase Iman 2004
Sejarah Hidup Muhammad
Sifat Shalat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam
Al Maksturot - Wadzifah Kubra
RUQYAH : Sehat Jiwa Raga Cara Islam - Seni Berjampi
KUMPULAN TAUSYIAH Aa GYM
Manajemen Qolbu
The Choice Islam and Christianity
Tasawuf, Pluralisme, dan Pemurtadan
Menghafal Al-Quran
Bahaya Islam Liberal
KERUSAKAN DAN BENCANA DI MUKA BUMI
Metode Sunnah dalam Menangkal dan Menanggulangi Sihir
PERKARA-PERKARA YANG MERUSAK AMAL
Pengkaburan Setan
DAJJAL DAN YA’JUJ WA-MA’JUJ
Kumpulan Artikel Terjemahan Al-Qur’an
1001 Kisah Teladan
Himpunan Kisah-Kisah Teladan

OK LUAR NEGERI ( BAHASA INGGRIS ) :

Ebook : "Killer Mini Sites"
UFO documents FBI Top Secret Files
How to Build Self Esteem in Others
Out of Body Experiences
Mind Powers
The Secret Garden
Stupid White Men
Adolf Hitler-Mein Kampf
The Little Book That Can Change Your Life
The Interpretation of Dreams
How To Win Friends And Influence People
The Book of Lies
The Dragons of Chaos
The Da Vinci Code
Rich Dad Poor Dad - by Robert T Kiyosaki
Ebook MLM - Marketing Secrets
101 Power Marketing Tips & Secrets
Harry Potter and the Sorcerer’s Stone
Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
The Lord Of The Rings (1-4)
The Client
The Pelican B rief
The Vampire Lestat
Insomnia
Learn How To Play Guitar
Legends of Jazz Guitar
Around the World in 80 Days-Jules Verne
Sidelights on Relativity-Einstein
The Parasite-Arthur Conan Doyle
The Waves-Virginia Woolf
Hamlet-Shakespeare
Romeo and Juliet-Shakespeare
In Search of the Castaways-Jules Verne
The BEATLES Song Book
The Art of Improvisation(1)
The Art of Improvisation(2)
A Reference for Jazz Theory
Acoustics for Violin and Guitar Makers
The Encyclopedia of Card Tricks
David Blaine, Street Magic Revealed
Basic Card Control and Forcing
Magic with a British touch
Tarot Cards
Training to See Auras
Help your Child Learn Math
Help Your Child Learn History
Origami Fun
Origami Theory
The Adventures of Peter Pan
Douglas Adams’s Starship Titanic
Steal This Book
Of Mice and Men
Electronics Basic in Motors
Four Basic Quranic Terms
The Art Meaning of Magic
Learn Japanese for Beginners
On the Road
Learn Photography
Primer on Molecular Genetics
Slapstick
The Black Magic Spell Book
Fundamentals of Digital Electronics
Creation "Science" Debunked
1984
The Layman’s Guide To Steroids
Love and Passion in Tantric Buddhist Art
Fundamentals of Buddhism
Proletarian Science
Symbolic Math Guide
The Tao Te Ching
Test of English As a Foreign Language(TOEFL)
The Ultimate Neuro Linguistic Programming
The Book Of Lucifer
The Bear and The Dragon
The Little Black Book of Computer Viruses
Albert Einstein: Relativity General Theory
The Big Sleep
Mind Power Seduction
Secrets, Lies and Democracy
How to Heal Depression
A Brief History of Time
Thought Power
The Ultimate Success Secret
Secrets of the Ninja
Writings of Nostradamus
The Art of Writing
Strategies The Mind
Media Control
Negotiating Skills for Managers
10 Commandment of Power Positioning
101 Ways to Use a Virtual Office Assistant
13+ Hot Internet Moneymaking Methods
20 Little Ways to Stop & Smell the Roses
61 Sales Boosting, Stealable Articles
7 Secrets to Online Business Success
Access 97 Tutorial
Beginner’s Guide to the Internet
Business Web Book
Closing the Sale
Dick Test
E-commerce Primer
Free Microsoft Software
Guerilla Web Promotion & Marketing
Healthier You
Home-Business-Dreams
How to get Celebrity autographs For Free
How to Avoid this $7,400 Mistake
How to Setup a Network
HTML 4.0 Tutorial
Instant Access
Internet Spy Toolkit
Mail Tag Bonanza
Money Making - Today, Tomorrow, Forever
PC Basics for the Beginner
Proven Search Engine Ranking Secrets
Search Engine Tactics
Solving Credit Problems
Ultimate Beanie Baby Kit
Ultimate Site Promotions
Willie Crawfords Cookbook

NB : Sebenarnya ebook yang tertulis diatas hanyalah sebagian dari koleksi yang kami miliki. Kami masih memiliki ribuan bonus ebook lainnya yg belum bisa kami tampilkan disini karena bila ditampilkan semuanya akan memperlambat waktu loading (tampilan) website ini. Harap Maklum.

PERLU ANDA DIKETAHUI JUGA ! RATUSAN EBOOK TERSEBUT..MASIH AKAN TERUS SAYA UPDATE SETIAP Waktu..

"SAYA BERIKAN SOLUSI JITU, BAGAIMANA MENDAPATKAN PENGHASILAN MELIMPAH DARI INTERNET TANPA HARUS PUNYA PRODUK DAN WEBSITE PLUS BONUS RATUSAN E-BOOK TERUPDATE SETIAP MINGGUNYA ! "

DAFTAR/ORDER MAJALAH PANAS DAN SIAP JADI JUTAWAN BARU? KLIK SAJA DISINI!

Label:

Pariwisata

Sejarah Pariwisata

  • Politik & Perdagangan
  • Perasaan ingin tahu
  • Misionary

Ciri-ciri Pariwisata

  • Bersifat Sementara (Temporery)
  • Sukarela (Voluntary)
  • Tidak untuk Bekerja

Jenis Pariwisata

  • Pleasure Tourism
  • Recreation Tourism
  • Cultural Tourism
  • Sports Tourism
  • Business Tourism
  • Covention Tourism

Download Buku Selengkapnya

Label:

Mencetak Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Handal

Tahapan pengembangan SDM sebaiknya dimulai dari tahap pertama, yakni identifikasi kebutuhan pengembangan. Dalam tahapan ini, kita sejatinya hendak menggali proses pengembangan apa yang paling cocok bagi individu tertentu. Dalam proses ini kita melakukan asesmen mengenai strenghts dan areas for development dari tiap individu (karyawan). Asesmen dapat dilakukan dengan melalui pola assessment center atau juga melalui observasi dan evaluasi dari atasan masing-masing (cara ini lebih praktis dibanding harus menggunakan assessment centre).

Dari hasil asesmen tersebut kita kemudian bisa merumuskan program pengembangan apa yang cocok bagi karyawan yang bersangkutan. Sebaiknya perumusan program pengembangan hasil asesmen ini tidak hanya didasarkan pada kelemahan karyawan, namun justru harus lebih bertumpu pada kekuatan yang dimiliki oleh karyawan tersebut (pendekatan semacam ini disebut sebagai strenght-based development). Menurut riset, pendekatan semacam ini lebih efektif dibanding pendekatan yang bertumpu pada kelemahan individu.

Jenis program atau proses pengembangan yang disusun juga tidak mesti harus berupa training di kelas. Ada banyak alternatif program pengembangan lain seperti:
1. mentoring (karyawan yang dianggap senior dan memiliki keahlian khusus menjadi mentor bagi sejumlah karyawan lainnya)
2. project/special assignment (penugasan khusus untuk menambah job exposure)
3. job enrichmnet (memperkaya bobot pekerjaan)
4. On-the-job training.

Tahapan berikutnya adalah monitoring dan evaluasi pelaksanaan program pengembangan yang telah disusun. Dalam fase ini, setiap progres pelaksanaan program dimonitor efektivitasnya dan kemudian pada akhir program dievaluasi dampaknya terhadap peningkatan kinerja karyawan yang bersangkutan, dan juga pada kinerja bisnis.

Serangkaian tahapan di atas — mulai dari fase identifikasi, fase penyusunan program pengembangan dan fase monitoring/evaluasi — sebaiknya dibakukan dalam mekanisme yang sistematis dan tersandar. Sebaiknya disusun juga semacam buku panduan lengkap untuk melakukan serangkaian proses di atas, disertai tools yang diperlukan. Dengan demikian, setiap manajer atau karyawan paham akan apa yang mesti dilakukan.

Tentu saja, harus ada pengelola dari departemen SDM yang bertugas khusus untuk memastikan bahwa serangkaian proses di atas dapat dilakukan dengan benar dan tertib. Pola semacam inilah yang mesti dilakukan jika perusahaan Anda benar-benar ingin mendayagunakan potensi SDM-nya secara optimal.

Sumber: http://www.bahankuliah.com/

Label:

Bisnis: Cetak uang dari Affliasi Program



Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free

Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free

Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free

Dapatkan Bonus Langsung Download 72 ebooks tourism free




Banner 125x125 - 1

Links



XML

Powered by Blogger

make money online blogger templates



© 2013



Gratis Bahan Kuliah | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health

Free Ebooks | Free Ebooks | Free Ebooks | Bahan Kuliah Lengkap | Bahan Kuliah Manajemen | Jurnal dan Buku Tourism English Version