Spesifikasi Buku
Kategori : Ilmiah (Non Fiksi)
Tema/ Seri : AGROWISATA SEBAGAI PARIWISATA ALTERNATIF INDONESIA
Tingkat : Pemula
Pola : Buku Teks
Format : 14 x 21
Tebal : ± 110 halaman
Cetakan : hitam putih
File : *.DOCX
Sinopsis
Di tengah perdebatan yang cukup panjang dan lama, istilah agrowisata belum menemukan definisi yang ideal sehingga tercetuslah untuk menulis buku ini.
Penulis menyakini bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan agrowisata karena citra Indonesia cukup kuat pada bidang pertanian. Perubahan konsep budidaya pertanian menjadi konsep agribisnis telah memungkinkan bidang pertanian berkolaborasi dengan bidang lainnya dengan harapan kolaborasi tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Derasnya globalisasi memaksa sector pertanian Indonesia harus bersaing dengan Negara lain secara terbuka dalam pasar internasional. Pariwisata diyakini akan menjadi pemasaran langsung dan juga menjadi perangsang bagi masyarakat tidak ragu lagi menggantungkan hidupnya pada sector pertanian. Agrowisata juga diyakini sebagai pariwisata alternative yang bertanggung jawab, pro konservasi dan preservasi terhadap sumberdaya alam.
Berdasarkan alasan tersebutlah buku AGROWISATA SEBAGAI PARIWISATA ALTERNATIF INDONESIA akhirnya dikompilasi dan ditulis kembali. Jika agrowisata dikembangkan secara massif, maka diyakini usaha pengentasan kemiskinan dapat dilakukan secara massif karena sebagian besar masyarakat miskin adalah kaum tani.
Outline
JUDUL: AGROWISATA SEBAGAI PARIWISATA ALTERNATIF DI INDONESIA
PRAKATA
BAB I PEMBANGUNAN PARIWISATA BERKELANJUTAN
BAB II PRINSIP-PRINSIP PEMBANGUNAN PARIWISATA BERKELANJUTAN
BAB III TINGKATKAN CITRA INDONESIA SEBAGAI NEGARA AGRARIS
3.1. Pertanian adalah Citra Indonesia
3.2. Membangun Citra Pertanian melalui Agrowisata Indonesia
3.3. Membangun Persepsi Wisatawan
3.4. Motivasi Wisatawan untuk Berwisata
3.5. Faktor-faktor Pendorong Wisatawan untuk Berwisata
3.6. Faktor-faktor Penarik (Daya Tarik Objek Wisata)
BAB IV DEFINISI AGROWISATA DARI PERSPEKTIF PERTANIAN
BAB V DEFINISI AGROWISATA DARI PERSPEKTIF PARIWISATA
BAB VI DEFINISI AGROWISATA DARI BERBAGAI PERSPEKTIF
BAB VII PENAWARAN DAN PERMINTAAN AGROWISATA
BAB VIII KONDISI AGROWISATA DI INDONESIA
BAB IX MODEL IDEAL AGROWISATA INDONESIA
BAB X FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DINAMIKA AGROWISATA
BAB XI SISI POSITIF DAN SISI NEGATIF AGROWISATA
BAB XII POTENSI PENGEMBANGAN AGROWISATA DI INDONESIA
BAB XIII AGROWISATA ADALAH BENTUK PARIWISATA YANG BERKUALITAS DAN BERKELANJUTAN
BAB. XIV POTENSI AGROWISATA SEBUAH STUDI KASUS DESA-DESA DI BALI
1. Desa Bayung Gede, Kintamani, Bali
Anggapan Warga Desa Bayung Gede tentang Agrowisata
2. Desa Candikuning, Baturiti , Tabanan, Bali
Anggapan Warga Desa Candikuning tentang Agrowisata
3. Desa Wisata Blimbingsari, Jembrana, Bali
Anggapan Warga Desa Blimbingsari tentang Agrowisata
4. Desa Pelaga, Badung, Bali
Anggapan Warga Desa Pelaga tentang Agrowisata
DAFTAR PUSTAKA
BIODATA PENULIS
Tujuan dan Manfaat Buku bagi Pembaca
Buku ini diperuntukkan pada para mahasiswa khususnya pada tingkatan strata satu (sarjana), untuk jurusan agribisnis dan pariwisata. Buku ini juga dapat menjadi buku inspiratif bagi pengusaha di bidang agribisnis dan pariwisata minat agro atau alam untuk membuka usaha di bidang agrowisata.
Buku agrowisata memberikan pemahaman tentang pariwisata yang berkelanjutan, pengembangan potensi alam atau agro untuk menjadi agrowisata, pastinya buku ini memberikan pemahaman tentang agrowisata baik konsep dan praktis yang telah ada di dunia dan juga di Indonesia.
Indonesia adalah Negara agraris dan citra itulah yang menjadi pijakan bahwa agrowisata akan menarik untuk dikembangkan di Indonesia sebagai usaha massif mengentaskan kemiskinan.
Posted in Leisure, News |
Spesifikasi Buku
Kategori : Ilmiah (Non Fiksi)
Tema/ Seri : Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan
Tingkat : Pemula
Pola : Buku Teks
Format : 14 x 21
Tebal : ± 248 halaman
Cetakan : hitam putih
File : *.DOCX
Sinopsis
Di tengah kegalauan dalam proses belajar dan mengajar pada bidang pariwisata dan perhotelan akhirnya tercetus keinginan untuk membuat buku yang dianggap boleh membantu para mahasiswa khususnya pada tingkatan strata satu (sarjana), dan untuk para praktisi pariwisata dan perhotelan agar dapat melakukan penelitian sebagai sebuah budaya kerja yang harus dilakukan setiap saat untuk dapat melakukan inovasi dan menumbuhkan kreatifitas khususnya pada bidang pariwisata dan perhotelan.
Buku metodologi penelitian pariwisata dan perhotelan ini memberikan pemahaman tentang konsep-konsep hakekat penelitian pariwisata dan perhotelan, tipe atau jenis penelitian, proses penelitian, pengukuran variabel, sampling, pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, penyusunan rencana penelitian, serta penyusunan laporan penelitian di bidang perhotelan dan pariwisata.
Tujuan yang diharapkan pada matakuliah metodologi penelitian ini, yaitu agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan penelitian, serta mampu melakukan penelitian untuk pemecahan masalah sesuai bidang pariwisata dan perhotelan. Setelah membaca buku ini, diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian pariwisata dan perhotelan.
PRAKATA
Sambutan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali
BAB.I HAKEKAT ILMU DAN PENELITIAN
1.1. Dasar-Dasar Pengetahuan
1.2. Filsafat Kebenaran Ilmu
1.3. Kriteria Kebenaran
1.4.Terminologi
BAB.II BANGUNAN ILMU PARIWISATA
1.1. Rasionale
1.2. Sejarah Perjuangan Kemandirin Ilmu Pariwisata
1.3. Kajian Tentang Ilmu Pariwisata sebagai sebuah Ilmu yang Mandiri
1.4. Obyek Material dan Formal Ilmu Pariwisata
BAB.III BIDANG PARIWISATA DAN PERHOTELAN
3.1. Pengertian Jasa Pariwisata
3.1.2. Asal Definisi Pariwisata
3.2. Definisi Pariwisata Berbagai Sudut Pandang
3.3. Ruang Lingkup Penelitian Pariwisata dan Perhotelan
BAB.IV PENDEKATAN PENELITIAN PARIWISATA
KUALITATIF ATAU KUANTITATIF
4.1. Pengertian Penelitian
4.2. Jenis-jenis Penelitian Kualitatif dan Analisis Datanya
4.3. Jenis-jenis Penelitian Kuanlitatif dan Analisis Datanya
4.4. Penggabungan Kualitatif dan Kuantitaif
BAB.V DATA STATISTIK DAN SKALA PENGUKURAN
5.1. Data Kuantitatif dan Data Kualitatif
5.2. Prosedur Penelitian Dengan Data Statistik
5.3. Cara Pengumpulan Data Statistik
5.4. Skala Pengukuruan
5.5. Validitas dan Reliabilitas
5.5.2. Reliabilitas
5.5.3. Uji Validitas dan Reliabilitas
BAB.VI PEMILIHAN TEKNIK ANALISIS PENELITIAN
6.1. Teknik Analisis Data
6.2. Statistik Deskriptif
6.3. Statistik Inferensia
BAB.VII ANALISIS SWOT DESKRIPTIF KUALITATIF UNTUK PARIWISATA
7.1. Analisis S-W-O-T
7.2. Analisis Matriks I-F-A-S
7.3. Analisis Matriks EFAS
7.4. Analisis Q-S-P-M
Studi Kasus: Penelitian Strategi Pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata pada Taman Kupu-kupu Mutiara Kabupaten Jembrana Bali
BAB.VIII THE SERVICE PROFIT CHAIN ALAT ANALISIS UNTUK PENELITIAN USAHA JASA PERHOTELAN DAN PARIWISATA
8.1. Logika Kerja SPC
8.2. Kualitas layanan internal (internal service quality)
8.3. Kepuasan karyawan (employee satisfaction)
8.4. Loyalitas karyawan (employee loyalty)
8.5. Nilai layanan eksternal (external service value)
8.6. Kepuasan pelanggan (customer satisfaction)
8.7. Loyalitas pelanggan (customer loyalty)
8.8. Pertumbuhan pendapatan (revenue growth)
8.9. Profitabilitas (Profitability)
8.10. Hipotesis: Penerapan Analisis SPC pada Jasa Perhotelan
BAB.IX ANALISIS FAKTOR UNTUK PENELITIAN PARIWISATA
9.1. Filosofis Analisis Faktor
9.2. Penelitian Menggunakan Analisis Factor
Studi Kasus pada Obyek Wisata: FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN BERKUNJUNG KE KEBUN RAYA EKAKARYA BEDUGUL BALI
BAB.X MULTIDIMENSIONAL SCALING ANALYSIS
10.1. Filososfi MDS
10.2. Konsep Positioning
Studi Kasus: Mapping Obyek Wisata EcoTourism di Bali
BAB.XI ANALISIS INPUT-OUTPUT MENGUKUR DAMPAK PARIWISATA
11.1. Definisi Istilah Input Output
11.2. Model Input Output
11.3 Perencanaan Pembangunan Ekonomi
11.4 Perencanaan Ekonomi Dalam Model I-O
11.5 Ketekaitan Antar Sektor Dalam Perekonomian
BAB.XII TEKNIK ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN-KINERJA
UNTUK MENGUKUR KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP DESTINASI PARIWISATA
12.1. Filosofis Analisis Kepuasan Wisatawan
12.2. Analisis diagram kartesius
12.3. Hipotesis Penelitian
12.4. Variabel Penelitian
12.5. Instrumen Penelitian
BAB.XIII ANALISIS DESKRIPTIF: SEGMENTASI PASAR WISATAWAN
13.1. Filosofi Segmen Pasar
14.2. Alat Analisis Segmentasi Pasar
13.3. Penentuan Variabel Segmentasi Pasar
13.4. Output Hasil Penelitian Segmentasi Pasar
BAB.XIV REGRESI DAN KOLERASI PADA JASA PARIWISATA DAN PERHOTELAN
14.1. Pengertian Tentang Hubungan Linier Antara dua Variabel
14.2. Cara Penerapan Garis Regresi
14.3. Koefisien Kolerasi
14.4. Uji Hipotesi T-test
Contoh Kasus Penggunaan Analisis Regresi dan Korelasi Pada Sebuah Hotel untuk menganalisis efektivitas Advertising dan Biaya Personal Selling terhadap Total Pendapatan pada Sebuah Hotel.
BAB.XIV BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENILAIAN KINERJA USAHA JASA RESTORAN
14.1. Balanced Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Perusahaan Jasa Restoran
Contoh Kasus: BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENILAIAN KINERJA RESTORAN SEDAP BALI
BAB.XV TATA CARA PENULSAN PROPOSAL DAN LAPORAN
15.1. Tata Cara Penulisan Usulan
15.2. Tata Cara Penulisan Skripsi
BAB.XVI TEKNIK MERUJUK DAN MENGUTIP
16.1. Kegunaan Merujuk
16.2. Tujuan Merujuk
16.3. Sumber-Sumber Rujukan
16.4. Cara Pencarian
16.5. Kaitan Rujukan Pustaka dengan Daftar Pustaka
LAMPIRAN: MATERI TAMBAHAN CONTOH PROPOSAL
DAFTAR PUSTAKA
Biodata Penulis
Tujuan dan Manfaat Buku bagi Pembaca
Buku ini diperuntukkan pada para mahasiswa khususnya pada tingkatan strata satu (sarjana), dan untuk para praktisi pariwisata dan perhotelan agar dapat melakukan penelitian sebagai sebuah budaya kerja yang harus dilakukan setiap saat untuk dapat melakukan inovasi dan menumbuhkan kreatifitas khususnya pada bidang pariwisata dan perhotelan.
Buku metodologi penelitian pariwisata dan perhotelan ini memberikan pemahaman tentang konsep-konsep hakekat penelitian pariwisata dan perhotelan, tipe atau jenis penelitian, proses penelitian, pengukuran variabel, sampling, pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, penyusunan rencana penelitian, serta penyusunan laporan penelitian di bidang perhotelan dan pariwisata. Buku ini juga Dilengkapi Alat Analisis Untuk Usaha Jasa Perhotelan dan Pariwisata, contoh penelitian bidang pariwisata dan perhotelan, dan beberapa contoh abstrak penelitian bidang pariwisata dan perhotelan.
Sasaran Pembaca
- Buku ini ditujukan kepada siapa saja yang tertarik untuk mempelajari metodologi penelitian bidang pariwisata dan perhotelan.
- Buku ini diperuntukkan pada para mahasiswa khususnya pada tingkatan strata satu (sarjana), dan untuk para praktisi pariwisata dan perhotelan agar dapat melakukan penelitian sebagai sebuah budaya kerja yang harus dilakukan setiap saat untuk dapat melakukan inovasi dan menumbuhkan kreatifitas khususnya pada bidang pariwisata dan perhotelan.
Prospek Pasar
- Ilmu pariwisata telah diakui sebagai ilmu mandiri oleh pemerintah, bidang pariwisata telah menjadi industri baru yang sangat berpotensi menggeser leading sector lainnya karena tidak memerlukan sumberdaya alam yang besar, dan bahkan pembangunan sector pariwisata relative dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan sector pembangunan lainnya.
- Pembukaan program studi pariwisata di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia akan berimplikasi terhadap kebutuhan buku ini.
- Dengan pembahasan yang sederhana, praktis, lengkap, disertai juga dengan Alat Analisis Untuk Usaha Jasa Perhotelan dan Pariwisata, contoh penelitian bidang pariwisata dan perhotelan, dan beberapa contoh abstrak penelitian bidang pariwisata dan perhotelan maka penulis sangat optimis akan disambut oleh para pembaca pada bidang pariwisata dan perhotelan.
Keunggulan Buku
- Setiap pokok bahasan buku ini berisi ulasan praktis dari materi dalam bentuk studi kasus penelitian yang pernah dilakukan.
- Singkat, jelas, menuntun, dan mudah dipahami serta dipraktikkan.
- Layak di sebut sebagai template penelitian ilmiah dan bisnis pariwisata terkini.
0 Responses to “Sinopsis Buku: AGROWISATA SEBAGAI PARIWISATA ALTERNATIF INDONESIA”
Posting Komentar